PENGHARGAAN BAGI KAMPUNG RAMAH LINGKUNGAN DAN SATGAS LINGKUNGAN HIDUP TERBAIK KEC. CIJERUK

 

CIBINONG – Dalam rangka menciptakan lingkungan bersih dan sehat, mulai dari pengelolaan lingkungan sampai dengan pemberdayaan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor memberikan penghargaan bagi wilayah Kampung, Desa / Kelurahan serta Satgas Lingkungan Terbaik yang telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup yang bersih serta sehat. Tema pada acara ini yaitu “Bogor KabupatenKu Green and Clean Tahun 2018”, yang dilaksanakan di lapangan Tegar Beriman Pemkab Bogor, Minggu (07/10/2018) yang dihadiri oleh para Pejabat dilingkungan Pemkab Bogor dan DPRD Kab. Bogor.

Dari hasil beberapa tahapan penilaian yang dilaksanakan oleh tim dari DLH Kab. Bogor di Kecamatan Cijeruk, Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang berada di Desa Cibalung dan Desa Sukaharja mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Adapun penghargaan yang diterima oleh Desa Sukaharja adalah sebagai Kampung Ramah Lingkungan Pratama Partisipasi Masyarakat Terbaik sementara untuk Desa Cibalung menerima penghargaan sebagai Kampung Ramah Lingkungan Pratama Penghijauan Terbaik. Selain itu pula, Satgas Lingkungan Hidup Kecamatan Cijeruk pun mendapatkan penghargaan sebagai Satgas Lingkungan Hidup Terbaik atas nama WAHYUDIN dan EUIS NURAENAH.

3

Kepala Desa Sukaharja SANTOSO mengatakan “ kami sebagai Kepala Desa ingin warga wilayah kami ini sadar akan kebersihan, selain itu mereka pun harus tetap mempunyai semangat gotong royong sehingga kami pun akan terus mensosialisasikan semangat kebersihan ini. Dengan adanya pemberian penghargaan ini saya akan terus memacu masyarakat untuk menjadi lebih peduli lagi tentang arti kebersihan minimal dilingkungan rumahnya sendiri, sehingga dengan sendirinya nanti mereka dapat menerapkan juga ditempat lain”.

Kepala Desa Cibalung RUSYADI, S.PdI menambahkan “ dengan adanya kegiatan ini semoga masyarakat warga masyarakat kami menjadi sadar akan kebersihan lingkungan yang merupakan salah satu tolak ukur kesehatan masyarakat, kami pun akan melaksanakan penataan penataan lingkungan di kampung-kampung wilayah Desa Cibalung sehingga dapat dijadikan contoh oleh Desa-desa lain di Kecamatan Cijeruk maupun di Kabupaten Bogor ”.

1

Salah satu peraih Satgas Lingkungan Hidup Terbaik Kab. Bogor dari Kec. Cijeruk WAHYUDIN menyampaikan harapannya diantaranya “marilah kita bersama-sama untuk menggerakan Kecamatan Cijeruk bersih dari sampah  terutama dari sampah non organic serta pengelolaan sampahnya sehingga seluruh wilayah Kecamatan Cijeruk ini bersih dari sampah. Sampah-sampah non organic ini pun dapat dikumpulkan di yang namanya Bank Sampah, selain menjadikan lingkungan bersih dapat pula menghasilkan uang dari sampah non organic yang dikumpulkan di bank sampah tersebut”.

2

Acara inipun berlangsung meriah, selain pemberian penghargaan kepada Kampung Ramah Lingkungan (KRL), diberikan pula penghargaan kepada peserta yang memakai kostum unik terbaik dari hasil pengelolaan limbah sampah. (pde)

 

Video Selengkapnya :


Komentar
    Belum ada komentar..
Kirim Komentar
Pimpinan
Drs. HIDAYAT SAPUTRADINATA
Drs. HIDAYAT SAPUTRADINATA
Agenda Kegiatan
Statistik Pengunjung
  • Hari Ini : 25
  • Kemarin : 44
  • Total : 29777