.

I.    Latar Belakang

Inovasi merupakan faktor penting dalam mendukung perkembangan ekonomi dan daya saing daerah. Terjadinya pergeseran ekonomi berbasis industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan menunjukkan bahwa pengetahuan dan inovasi merupakan faktor yang semakin menentukan dalam kemajuan ekonomi.

Pemerintah daerah dewasa ini dituntut untuk membangun kapasitas penyelenggaraan pemerintahan dan daya saing daerah sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Inovasi di segala bidang merupakan jawaban terhadap hal tersebut, baik di bidang tata kelola pemerintahan daerah, pelayanan publik, maupun inovasi bentuk lainnya di masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor berkomitmen untuk mendorong dan membangun budaya inovasi di berbagai sektor melalui kebijakan Satu Lembaga Satu Inovasi (One Institution One Innovation) dan di desa melalui kebijakan Satu Desa Satu Inovasi (One Village One Innovation) yang diharapkan dapat berdampak luas bagi percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor.

Menindak lanjuti kebijakan Satu Desa Satu Inovasi tersebut, maka inovasi desa yang dikembangkan Desa Cipicung dengan potensi yang ada di desa tersebut. Potensi dimaksud salah satunya adalah buah nanas. Buah nanas dapat dioalah menjadi berbagai makanan yang enak dan juga tentunya menggugah lidah kita.

Inovasi Desa Cipicung ditujukan untuk mengembangkan makanan yang menggunakan bahan potensi tepung kanji di daerah desa Cipicung. Ujung tombak pembuatan makanan tersebut adalah ibu-ibu di desa, sehingga TP PKK berusaha menggerakkan ibu-ibu di desa untuk mengembangkan inovasi desa yang bersumber dari makanan modern atau pembaruan makanan.

Berdasarkan hasil identifikasi dan inventarisasi terhadap jenis-jenis makanan yang berbahan dasar tepung kanji yang ada di Desa Cipicung, maka pilihan jatuh pada Cireng Cici yang dapat dikembangkan sebagai inovasi desa. Ada dua alasan yang melatarinya. Pertama, Tepung kanji sebagai bahan dasar mudah diusahakan dan mudah didapatkan. Kedua, kapasitas dan pengetahuan dasar pembuatan Cireng sudah dipunyai masyarakat.

Dengan memperhatikan potensi lokal untuk mengembangkan Cireng sebagai inovasi desa, maka inovasi Desa Cipicung diberi nama Cireng Cici.

II. Tujuan dan Manfaat

Meningkatnya kewirausahaan masyarakat desa dapat meningkatkan produktivitas, yang kemudian diikuti dengan peningkatan penghasilan/pendapatan masyarakat desa. Meningkatnya penghasilan/pendapatan dapat mencapai terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa.

A.       Tujuan Inovasi

Adapun tujuan inovasi desa Cireng Cipicung (CICI), yaitu:

1)               Tujuan Umum

Meningkatkan kewirausahaan masyarakat Desa Cipicung.

2)                Tujuan Khusus

Meningkatkan penghasilan/pendapatan masyarakat Desa Cipicung.

B.        Manfaat Inovasi

Adapun manfaat inovasi desa Cireng Cipicung (CICI) bagi masyarakat desa, khususnya ibu-ibu di Desa Cipicung, yaitu:

1)                Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Cipicung.

2)                Membuka lapangan pekerjaan

3)                Menambhan pengetahuan bidang kewirausahaan

 

III.        Kegiatan Pokok dan Prosedur Kerja

A.       Kegiatan Pokok

Kegiatan pokok pelaksanaan dan pengembangan inovasi desa Cireng Cipicung (CICI) adalah sebagai berikut:

1)                Mengidentifikasi dan menginventarisasi potensi desa yang dapat dikembangkan sebagai inovasi desa.

2)                Merancang dan mengembangkan inovasi desa.

3)                Melaksanakan bimbingan teknis inovasi desa kepada kelompok sasaran (ibu-ibu desa Cipicung).

4)                Melaksanakan sosialisasi inovasi desa kepada masyarakat desa.

5)                Menyusun strategi keberlanjutan penerapan dan pengembangan inovasi desa.

 

B.        Prosedur Kerja

Prosedur   pelaksanaan    dan   pengembangan    inovasi    desa Cireng Cipicung (CICI) adalah sebagai berikut:

C.       Tujuan Inovasi

Adapun tujuan inovasi desa Cireng Cipicung (CICI), yaitu:

1)                Tujuan Umum

Meningkatkan kewirausahaan masyarakat Desa Cipicung.

2)                Tujuan Khusus

Meningkatkan penghasilan/pendapatan masyarakat Desa Cipicung.

D.       Manfaat Inovasi

Adapun manfaat inovasi desa Cireng Cipicung (CICI) bagi masyarakat desa, khususnya ibu-ibu di Desa Cipicung, yaitu:

1)                Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Cipicung.

2)                Membuka lapangan pekerjaan

3)                Menambhan pengetahuan bidang kewirausahaan

E.        Prosedur Kerja

Prosedur   pelaksanaan    dan   pengembangan    inovasi    desa Cireng Cipicung (CICI) adalah sebagai berikut:

 



IV.          Sasaran

Masyarakat desa, khususnya ibu-ibu di Desa Cipicung.


V.          Jadwal Kegiatan

A.       Tahapan Inovasi

Tahapan dan jadwal pelaksanaan inovasi desa Cireng Cipicung ( CICI ) adalah sebagai berikut:

 

No.

Tahapan

Jadwal

Keterangan

1

Latar belakang Masalah

1 Agustus s/d 7 Agustus 2022

Penyusunan   latar   belakang    masalah

digagasnya inovasi desa, termasuk di dalamnya dilakukan terlebih dahulu identifikasi permasalahan

2

Perumusan ide

8 Agustus s/d

14 Agustus 2022

Perumusan ide dimulai dari dirumuskan-

nya berbagai gagasan dan ide untuk memecahkan permasalahan yang ada, kemudian meminta masukan pihak terkait tentang rumusan ide

3

Perancangan

15 Agustus s/d

22 Agustus 2022

Pembentukan    Tim    Pengelola    Inovasi

Desa

4

Implementasi

23 Agustus s/d

30 Agustus 2022

Pelaksanaan dan pengembangan inovasi Desa

 

B.        Pelaksanaan Inovasi

Inovasi desa Cireng CICI dilaksanakan dan dikembangkan sebagai berikut:

Cireng CICI

Tampilan

Produk

Cireng CICI Isi Daging

Menggunakan Plastik Putih

 

   

 

 

Cireng sebagaimana ditunjukkan di atas diperbaharui dalam enam aspek terkait produk, yaitu: (1) jenis (kind), biasanya berukuran besar kita buat berukuran kecil dan sedang

,(2) bentuk (form), biasanya berbentuk besar kita buat yang mini (supaya mudah dikemas), (3) ukuran (size), biasanya berukuran besar tapi kami buat lebih hemat lagi dan mudah dibawa - bawa, (4) tampilan permukaan (texture), tampilan permukaan kenyal dan dilapisi Tepung Roti, (5) rasa (taste), rasa Daging ayam dan Baso (6) kemasan (package), diberi kemasan Plastik Putih Kecil dan sedang supaya indah dilihat.

Sedangkan satu aspek terkait nonproduk, yaitu mind set/culture set, yang berhubungan dengan perubahan pola pikir dan budaya masyarakat desa.Cireng di Desa Cipicung yang dibuat untuk kebutuhan subsisten sehari-hari diproduksi menjadi Cireng CICI sebagai usaha ekonomi produktif untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi masyarakat desa (karenanya pada kemasan dicantumkan gambaran produk, komposisi bahan, kadar gizi, berat isi, harga, eco-go-green, halal, kedaluarsa, dan produsen).

 

Gambaran produk

Cireng CICI adalah Makanan Tradisional yang terbuat dari bahan dasar Tepung Kanji dan Tepung Terigu . Rasa Daging Ayam dan Baso menjadikan Cireng CICI sebagai pilihan tepat untuk makakan bagi siapapun, kapanpun, dan dimanapun.

Komposisi bahan

Berbahan dasar Tepung Kaji , dicampur dengan bahan-bahan lain

sesuai dengan rasa (taste) gurih (original), Daging Ayam , Baso.

Rasa

Bahan

Daging Ayam, Gurih dan Baso

·         Tepung Kanji 1000 gr

·         Tepung Terigu 200 gr

·         Daun Bawang 4 (sesuai selera )

·         Baso 1 bungkus

·         Daging Ayam 1000 gr

·         Tepung Roti

Kadar gizi

Bervariasi.

Berat isi

Bervariasi.

Harga

Bervariasi.

Eco-go-green

Halal

kedaluarsa

Baik sebelum………..

Diproduksi Oleh

TP PKK Desa Cipicung Kecamatan Cijeruk Kab. Bogor

 

VI. Evaluasi Pelaksanaan kegiatan dan pelaporan

Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan setelah kegiatan pelaksanaan kegiatan. Laporan evaluasi kegiatan dibuat oleh TP PKK Desa Cipicung dan Seksi Kesejahteraan Pemerintahan Desa Cipicung dilaksanakan di Desa Cipicung, data dan informasi dari hasil pencatatan diolah dan dianalisa dan dilaporkan ke pemerintah Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor, serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bogor.


VIVII.     Strategi keberlanjutan

Untuk keberlanjutan kegiatan inovasi Cireng Cipicung (CICI), maka dilakukan :

1.             Pemberdayaan masyarakat desa dalam rangka perluasan kepesertaan usaha guna meningkatkan produktivitas usaha;

2.             Strategi dan jaringan untuk memperluas promosi dan pemasaran produk melalui penggunaan teknologi informasi (media social dan website);

3.             Penguatan usaha dengan dukungan Pemerintahan daerah melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan pengembangan Daerah Kabupaten Bogor Serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengan Kabupaten Bogor;

4.             Akses permodalan dalam rangka pengembangan usaha;

5.             Pengukuran kadar/nilai gizi; dan

6.             Pemberian label halal.

Download File Lampiran
  11. Pedoman Teknis.docx

Agenda Kegiatan