Inovasi ini dibuat untuk membantu pertumbuhan ekonomi Desa Cipicung.
Permasalahan yang ada pada
Desa Cipicung:
1.
Penjualan
produk masih dilakukan secara manual (belum memanfaatkan kecanggihan teknologi
informasi)
2.
Sudah
ada produk cireng namun belum bervariasi
3.
Belum
mengetahui cara pembuatan Cireng Cipicung (CICI)
Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut Desa Cipicung memutuskan untuk melakukan inovasi pada produk Cireng Cipicung atau CICI merupakan salah satu produk inovasi yang akan disosialisasikan CICI dibuat dengan
bahan utama tepung kanji dengan cara pembuatannya sama seperti membuat cireng
pada umumnya dengan penambahan ayam
atau bakso yang sudah di rebus dan dibersihkan. Cireng yang sudah dibentuk mempermudah proses
penggorengan. Nantinya CICI
tersebut akan dimasukan kedalam kemasan agar tahan lama. Pembuatan
CICI tersebut tidak menggunakan pengawet buatan ,sehingga aman untuk dikonsumsi.
Untuk keberlanjutan
kegiatan inovasi Cireng Cipicung (CICI), maka dilakukan :
1) Pemberdayaan
masyarakat desa dalam rangka perluasan kepesertaan usaha guna meningkatkan
produktivitas usaha;
2) Strategi
dan jaringan untuk memperluas promosi dan pemasaran produk melalui penggunaan
teknologi informasi (media social dan website);
3) Penguatan
usaha dengan dukungan Pemerintahan daerah melalui Badan Perencanaan
Pembangunan, Penelitian dan pengembangan Daerah Kabupaten Bogor Serta Dinas
Koperasi, Usaha Kecil dan Menengan Kabupaten Bogor;
4) Akses
permodalan dalam rangka pengembangan usaha;
5) Pengukuran
kadar/nilai gizi; dan
6) Pemberian
label halal.